Makanan Kaya Omega-3 Yang Baik Untuk Ibu Hamil

0
379
Makanan Kaya Omega 3 Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Makanan Kaya Omega 3 Yang Baik Untuk Ibu Hamil

LEBIHCEPAT.COM – Makanan Kaya Omega-3 Yang Baik Untuk Ibu Hamil Makanan kaya omega-3 tidak hanya membantu meningkatkan kecerdasan janin tetapi juga mencegah persalinan dini, mengurangi pre-eklampsia pada ibu hamil.

Omega-3 dikenal dengan EPA dan DHA-nya. EPA mendukung pengembangan sistem kekebalan tubuh, jantung. Sementara, DHA baik untuk otak janin, mata, dan sistem saraf pusat.

Selain itu, cukup omega-3 akan membantu tubuh memproduksi hormon prostaglandin. Hormon ini memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah, mencegah pembekuan darah, mencegah alergi bagi ibu hamil. Tergantung pada jenis asam lemak dalam diet, konten prostaglandin dapat diproduksi dalam jumlah besar atau kecil. Namun, jika tingkat prostaglandin tidak seimbang, wanita hamil lebih cenderung sakit.

Prostaglandin juga memiliki manfaat kesehatan lain untuk mencegah penyakit kardiovaskular, meningkatkan fungsi kognitif untuk janin. Ini juga membantu mengembangkan ketajaman saraf dan penglihatan.

Namun, banyak penelitian menunjukkan bahwa nutrisi ibu sering kekurangan omega-3. Selain itu, karena sebagian besar asam lemak omega-3 berfokus pada pengembangan sistem saraf, asam lemak omega-3 tidak cukup untuk organ lain. Omega-3 juga membantu mencegah persalinan dini, mengurangi preeklamsia, dan meningkatkan berat badan bagi ibu dan janin. Selain itu, defisiensi omega-3 berhubungan dengan peningkatan depresi maternal.

Nutrisi ini juga digunakan untuk ibu setelah lahir, membantu menciptakan susu. Studi ini juga menemukan bahwa jika pola makan ibu memiliki cukup omega-3 selama menyusui, ia akan lebih lengkap dalam perkembangan visual dan kognitif. Selain itu, itu juga membantu mencegah alergi pada bayi yang baru lahir.

Makanan kaya omega-3 yang baik untuk ibu hamil

Jadi jangan lupa tambahkan makanan kaya omega-3 dalam diet harian Anda. Berikut makanan bergizi teratas untuk ibu:

Kubis

Sayuran hijau sangat populer di kalangan ibu rumah tangga, kubis tidak hanya mudah menemukan bahan untuk memproses serangkaian hidangan lezat tetapi juga makanan kaya nutrisi untuk ibu dan janin. Kubis mengandung banyak lemak yang bermanfaat untuk otak, termasuk omega 3, yang membantu mendorong perkembangan janin dan perkembangan otak bayi nantinya. Selain itu, hidangan ini kaya serat, vitamin A, B, C, E, protein, kalsium, zat besi, magnesium, dan membantu ibu-ibu memilih kontrol berat badan yang baik dalam mangkuk kubis yang hanya mengandung sekitar 15 kalori.

Ketika suhu terlalu tinggi, ia merusak vitamin dan mineral yang ada di kubis, jadi ketika memasak, ibu harus mencoba memasak pada suhu minimum, dan makan kubis setidaknya sekali seminggu. Makanlah seluruh daun putih dan daun hijau, karena daun putih mengandung kandungan besi yang tinggi, sementara daun hijau mengandung sumber vitamin A yang melimpah.

Kembang kol

Kembang kol adalah sumber asam lemak omega-3 yang kaya. Sehingga sang ibu masih ragu-ragu lagi tanpa menambah menu setiap hari. Cauliflower dapat diolah menjadi rebus, makanan yang digoreng yang bermanfaat bagi wanita hamil. Sebuah cauliflower akan memberi tubuh sekitar 200mg omega-3. Selain itu, cauliflower kaya akan vitamin C, folat, serat … baik untuk kesehatan ibu hamil.

BACA JUGA:  Makanan Penghambat Kehamilan yang Wajib Dihindari

Jenis ikan

Selain mackerel, salmon sangat kaya omega 3, juga ikan teri, salah satu ikan sangat akrab di negara kita. Ada banyak cara untuk memasak hidangan nasi yang lezat dan bergizi, seperti kecap ikan teri, lada teri, adonan goreng, ikan teri kering, ikan teri manis dan asam, ikan teri goreng, dll. 5 teri menyediakan lebih dari 400 mg asam lemak omega 3 – konten yang ideal untuk wanita hamil dan janin. Selain omega 3, ikan teri juga mengandung banyak protein, natrium, niacin, zat besi, vitamin B12, kalsium, dan banyak mikronutrien lainnya.

Secara khusus, ikan teri mengandung sedikit merkuri dan ibu dapat menggunakan sekitar 2 porsi per minggu untuk menyediakan nutrisi dan omega 3 untuk bayi.

Tahu

Sebagai makanan “kuning” untuk bayi di dalam rahim, tahu kaya kalsium membantu membangun tulang dan gigi untuk janin; Protein mendukung perkembangan sel; besi menghambat kelahiran prematur, berat lahir rendah; Seng membantu meregenerasi sel, meningkatkan pertumbuhan jaringan, dll. Secara khusus, tahu menyediakan banyak asam lemak omega-3, hingga 400 mg dalam satu porsi, memenuhi 14,4% kebutuhan harian lemak untuk wanita hamil. Namun, ketika memilih tahu, ibu labu perlu membeli di fasilitas pengolahan bergengsi, karena tahu tidak dapat memastikan kebersihan dapat mengandung aluminium, gypsum … beracun bagi sistem saraf ibu dan janin . Karena adanya inhibitor tripsin yang mempengaruhi pencernaan protein dan gangguan pankreas, wanita hamil hanya makan sekitar tiga hingga empat kali seminggu.

Labu

Labu adalah makanan yang lezat dan bergizi dengan berbagai nutrisi seperti beta-karoten, kalium, vitamin A, C, E, magnesium, seng, kalsium, serat, selenium, zat besi, protein, dll., selain nutrisi yang baik untuk otak bayi seperti asam folat, omega 3. Secara khusus, biji labu berlimpah suplai omega 3, dengan sekitar 100 mg asam lemak ini dalam satu porsi. Menggunakan biji labu dan biji labu juga membantu ibu menggemparkan resistansi, membatasi risiko tekanan darah tinggi, menguatkan tulang, mencegah sembelit, depresi saat terpilih, menurunkan kolesterol …

Udang

Udang kaya akan asam lemak omega-3. Namun, udang mengandung kadar kolesterol yang tinggi, sehingga ibu tidak boleh terlalu banyak makan udang di menu setiap minggu. Selain itu, udang juga sangat kaya kalsium – sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Kacang-kacangan

Biji wijen, biji labu, biji rami dan biji bunga matahari tidak hanya kaya omega-3 tetapi juga kaya seng dan besi. Biji labu bisa menjadi camilan kecil bernutrisi untuk ibu hamil. 30 g biji labu kira-kira 100mg omega-3.

Kenari

Walnut merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Selain itu, mereka membantu mengurangi kelaparan. Tambahkan buah ini ke pola makan Anda selama kehamilan sehingga bayi Anda akan pintar, pandai.

Susu dan produk susu

Wanita hamil perlu dilengkapi dengan asam lemak omega-3 untuk membantu perkembangan otak janin. Jadi, jangan melewatkan sarapan susu. Ibu hamil dapat minum susu segar dan yogurt dengan sangat baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here