Anies: Jakarta Miliki Dua GOR Berkelas Dunia

0
54
Anies: Jakarta Miliki Dua GOR Berkelas Dunia
Anies: Jakarta Miliki Dua GOR Berkelas Dunia

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan Gelanggang Olahraga Rorotan dan Gelanggang Remaja Kecamatan Cengkareng, di Gelanggang Olahraga Rorotan, Jakarta Utara, Senin (29/7/2019). Anies mengklaim dua Sarana Prasarana (Sarpras) olahraga ini merupakan GOR berkelas dunia.

Anies Baswedan mengatakan, pembangunan Gelanggang Olahraga Rorotan dan Gelanggang Remaja Kecamatan Cengkareng ini merupakan bentuk janji Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan sarana dan prasarana olahraga bagi masyarakat.

“Pembangunan juga merupakan kelanjutan dari jadwal revitalisasi Gelanggang Remaja Kecamatan serta kemudahan olahraga lain di bawah pengelolaan Pemprov DKI Jakarta,” kata Anies.

Diungkapkannya, sebelum tiba ke Rorotan, Anies sempat mengecek ke Google untuk melihat jarak Rorotan dari Balai Kota DKI. Ternyata jaraknya hingga 28 kilometer (km).

“Meski jauh dari Balai Kota DKI, janji kita sama. Kemajuan Jakarta dihentikan ditentukan oleh jarak dengan Balai Kota. Jauh bersahabat dari Balai Kota, tak berarti tertinggal. Saya mendengar listrik disini gres masuk 1982 dan jalan gres di aspal tahun 1997. Dan tahun 2019, Alhamdulillah saya bersyukur sekali mampu menyaksikan kemudahan olahraga yang levelnya kelas dunia yang dibangun di Rorotan,” ujar Anies Baswedan.

Anies berharap, dengan adanya Gelanggang Olahraga ini mampu membuat prestasi gres di dunia olahraga, khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar Gelanggang Olahraga.

“Jadi, harapannya, dari GOR ini nanti muncul prestasi. Yang kedua, saya ingin daerah ini mirip yang tertulis di prasasti, kalimatnya yakni kita menginginkan semoga daerah ini bukan sekadar daerah kegiatan olahraga, tapi ini menjadi daerah untuk membangun interaksi antar warga, daerah silaturahmi, daerah memperkuat kekerabatan antar warga yang ada di daerah ini,” imbau Anies Baswedan.

Dalam jadwal yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI, Achmad Firdaus mengatakan, pelaksanaan pembangunan memakai prosedur pemanfaatan dana pelampauan Koefisien Lantai Bangunan (KLB) kewajiban PT Putera Gaya Wahana untuk Gelanggang Olahraga Rorotan dan PT Suryaraya Investama untuk Gelanggang Remaja Kecamatan Cengkareng.

“Bangunan Gelanggang Olahraga Rorotan dan Gelanggang Remaja Kecamatan Cengkareng dilengkapi dengan kemudahan olahraga berstandar internasional untuk cabang olahraga badminton, basket, sepak bola, dan futsal,” kata Achmad Firdaus.

Gelanggang Olahraga Rorotan dibangun oleh PT Putera Gaya Wahana di atas lahan sebesar sekitar 2,2 hektare (Ha) milik Pemprov DKI Jakarta dengan anggaran sebesar Rp 34 miliar, dengan jangka waktu pembangunan selama delapan bulan, mulai November 2018 – Juli 2019.

BACA JUGA:  Jokowi: Tidak ada Lagi 01 dan 02

Adapun beberapa kemudahan yang tersedia antara lain kemudahan olahraga dan kemudahan pendukung, diantaranya bangunan GOR Multi Olahraga dengan luas sekitar 1.200 meter persegi (m2), cabang olahraga Badminton, Basket, Bola Volley, Indoor Futsal.

“Ada juga lapangan sepakbola rumput sintetis bertaraf internasional, lapangan tenis outdoor standar ITF Classified Court Pace 3, fitness outdoor dan jogging track. Untuk kemudahan pendukung, ada kanal dan toilet disabilitas, area parkir untuk sekitar 40 kendaraan beroda empat dan sekitar 70 motor, kapasitas penonton sekitar 300 orang dan danau buatan,” jelas Achmad Firdaus.

Sementara itu, Gelanggang Remaja Kecamatan Cengkareng dibangun oleh PT. Suryaraya Investama di atas lahan sebesar sekitar 5.000 m2 milik Pemprov DKI Jakarta dengan anggaran sekitar Rp 20 Miliar, dengan jangka waktu pembangunan selama tujuh bulan, mulai Oktober 2018 – Mei 2019.

Adapun beberapa kemudahan yang tersedia mencakup kemudahan olahraga dan kemudahan pendukung, antara lain bangunan dua lantai dengan luas sekitar 2.000 m2, untuk cabang olahraga badminton, basket, bola voli, indoor futsal serta jogging track.

“Fasilitas lainnya yakni ruang serbaguna dengan luas sekitar 800 m2, kanal dan toilet disabilitas, area parkir untuk sekitar 40 kendaraan beroda empat dan 70 motor serta kapasitas penonton sekitar 300 orang,” papar Achmad Firdaus.

Kedua kemudahan olahraga ini, lanjutnya, nantinya akan dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta. Harapannya, kemudahan olahraga ini mampu dimanfaatkan warga di wilayah sekitar, mampu dipakai secara reguler oleh semua kalangan masyarakat, serta mampu menjadi sarana membangun interaksi warga lintas umur dan lintas minat.

Ke depan, Pemprov DKI Jakarta juga akan menggratiskan penggunaan kemudahan ini tanpa dipungut biaya apapun, dan masyarakat mampu melaksanakan pemesanan kemudahan secara elektronik. “Pemprov DKI Jakarta akan bekerja sama dengan salah satu startup yang dikembangkan oleh cowok Jakarta,” ungkapnya.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan peralatan olahraga yang diharapkan oleh masyarakat Jakarta yang mana pemesanannya mampu dilakukan secara elektronik melalui situs Sidasi-dispora.jakarta.go.id. Hal ini merupakan bentuk janji Pemprov DKI Jakarta dalam melayani masyarakat, khususnya dalam hal berolahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here