3 Cara Mengobati Diare

0
357
3 Cara Mengobati Diare
3 Cara Mengobati Diare

Diare merupakan kondisi yang dimana tinja berubah menjadi lembek maupun cair yang umumnya terjadi paling tidak 3 kali dalam 24 jam. Kondisi merupakan gejala dari luka, penyakit, alergi, kelebihan vitamin C dan mengonsumsi buah-buahan tertentu. BIasanya disertai sakit perut dan biasanya mual atau muntah. Diare disebabkan dari berbagai virus, tetapi juga sering diakibatkan dari racun bakteri.

Daengan kondisi hidup yang bersih dan makanan yang cukup serta air tersedia, pasien bisa terhindar dari virus umum dalam beberapa hari dan paling lama sekitar 1 minggu. Namun untuk individu yang kurang  gizi, diare dapat menyebabkan dehidrasi yang parah dan dapat mengancam jiwa bila tanpa perawatan. Selain itu, diare juga bisa disebabkan karena konsumsi alkohol yang berlebihan, terutama dalam seseorang yang tidak cukup makan.

Adapun 3 cara mengobati diare yang perlu Anda perhatikan, antara lain :

  • Minum Oralit
    Oralit adalah obat yang sangat tepat untk diare. Anda bisa membelinya di apotik. Tetapi apabila Anda mau, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Caranya adalah siapkan gula dan garam. Campurkan kedua bahan tersebut dan larutkan dalam air. Minumlah larutan tersebut dengan jumlah yang banyak guna mencegah terjadinya dehidrasi tubuh Anda.
  • Daun Jambu Biji
    Cara untuk mengobati diare dengan jambu biji sangatlah mudah dan praktis. Bahan yang Anda butuhkan adalah daun jambu biji dan garam. Anda bisa mengonsumsi daun jambu biji tersebut dan juga dengan sedikit garam. Sebaiknya Anda memilih daun jambu biji yang masih muda. Daun jambu biji bisa mengobati diare karena mengandung serat yang banyak dan mampu untuk menyembuhkan diare.
  • Salak
    Cara mengobati diare menggunakan buah salak sangatlah mudah. Anda cukup mengonsumsinya dengan jumlah yang banyak pada saat terkena diare. Salak mempunyai kandungan serat yang banyak guna menyembuhkan penyakit diare
BACA JUGA:  Cara Mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari

Itulah pembahasan mengenai  3 Cara Mengobati Diare yang bisa Anda terapkan dirumah. Apabila dirasa kurang maksimal, sebaiknya pergilah ke dokter. Semoga bermanfaat. Amiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here