Tarif Isi Daya Kendaraan Listrik Lebih Murah dari BBM

0
31
Tarif Isi Daya Kendaraan Listrik Lebih Murah dari BBM
Tarif Isi Daya Kendaraan Listrik Lebih Murah dari BBM

Tarif Isi Daya Kendaraan Listrik Lebih Murah dari BBM
PT PLN (Persero) menyatakan tarif pengisian daya kendaraan listrik lebih murah dari harga materi bakar minyak (BBM) per liternya. Formula besaran tarif pengisian daya tersebut masih dibahas bersama pemerintah. Tarif murah itu berlaku stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto W.S. menyampaikan tarif SPKLU masuk dalam kelompok bisnis. Namun dengan besaran per kilo watt hour (kWh) yang terjangkau bagi masyarakat. Dengan begitu semakin banyak masyarakat yang memakai kendaraan listrik. “Harga listrik charging station harus lebih murah dari bensin targetnya,” kata Haryanto di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Haryanto menuturkan kepemilikan SPKLU menyerupai dengan stasiun pengisian materi bakar umum (SPBU). Ada yang sepenuhnya dimiliki oleh perseroan atau istilahnya Company Owned Company Operated (COCO). Maupun Partner Owned Partner Operated (POPO) yang dimiliki oleh perseorangan atau swasta.

Namun sampai ketika ini belum dijelaskan menyerupai apa bagan bisnis yang ditawarkan kepada tubuh swasta. Dia menyebut masih tahap sosialisasi. Namun PLN sudah menyediakan SPKLU di beberapa kota besar di Jakarta, Bandung dan Bali. SPKLU tersebut mempunyai spesifikasi pengisian daya cepat (fast charging) sekitar 20-30 menit. “Untuk fast charging 50 kilowatt, investasinya Rp 800 juta per satu unit charging,” ujar Haryanto W.S.

Empat unit SPKLU tersebut semuanya berada di kantor PLN Jakarta, Bandung dan Bali. Untuk di Jakarta sebanyak dua unit yang masing-masing berada di kantor Pusat PLN dan kantor UID Jakarta Raya. Di Bandung ada satu unit SPKLU yang berada di bekas kantor ULP Bandung Utara. Sementara SPKLU di Bali berlokasi di UP3 Bali Selatan.

BACA JUGA:  Melawan Berita Palsu dengan Machine Learning dan AI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here