PBB: Inggris Merugi Rp 227 Triliun Akibat Brexit

0
32
PBB: Inggris Merugi Rp 227 Triliun Akibat Brexit
PBB: Inggris Merugi Rp 227 Triliun Akibat Brexit

PBB: Inggris Merugi Rp 227 Triliun Akibat Brexit
Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyatakan jikalau Inggris menentukan meninggalkan UE tanpa janji perdagangan, maka negara itu akan mengalami kerugian setidaknya US$ 16 miliar (sekitar Rp 227 triliun) dalam penjualan UE. Bahkan, kerugian mampu jauh lebih besar sehabis menghitung efek-efek tidak eksklusif dan pasar lainnya.

“Penelitian UNCTAD (badan perdagangan PBB) mengindikasikan no-deal Brexit akan menghasilkan kerugian ekspor Inggris setidaknya US$ 16 miliar, mewakili asumsi hilangnya 7% atas keseluruhan ekspor Inggris ke UE,” sebut pernyataan UNCTAD.

Angka kerugian itu termasuk US$ 5 miliar untuk ekspor kendaraan motor, US$ 2 miliar untuk produk hewani, dan US$ 2 miliar untuk pakaian jadi dan tekstil.

Menurut UNCTAD, angka US$ 16 miliar konservatif dan hanya memperhitungkan kenaikan tarif UE dari nol ke negara paling dasar yang disukai.

Laporan UNCTAD ini dikeluarkan ketika dewan perwakilan rakyat Inggris sedang berdebat untuk menghentikan Inggris keluar dari UE pada 31 Oktober 2019 tanpa janji transisi.

Sejauh ini, belum ada negosiasi resmi terkait Brexit antara pemerintahan PM Inggris dan UE, sehingga kekhawatiran anggota dewan perwakilan rakyat negara itu meningkat akan perpisahan yang kacau yang diyakini mampu menimbulkan kerusakan ekonomi secara signifikan

BACA JUGA:  Hentikan Messi Bukan Berarti Menang Lawan Barcelona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here