5 aturan makan yang perlu diketahui ibu hamil

0
364
5 Aturan Makan Yang Perlu Diketahui Ibu Hamil
5 Aturan Makan Yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

5 aturan makan yang perlu diketahui ibu hamil – Wanita hamil perlu makan lebih banyak makanan berkualitas daripada makanan yang berlebihan untuk memiliki berat badan yang tepat selama kehamilan.

Makan dengan cara yang benar selama kehamilan sangat penting karena secara langsung mempengaruhi perkembangan janin. Tidak hanya itu, kebiasaan makan yang sehat juga membantu ibu hamil penuh vitalitas selama 9 bulan masa pemilihan. Namun, nyatanya, tidak semua ibu hamil tahu cara makan yang sehat dan seimbang. Untuk memiliki kehamilan yang terbaik, ibu harus melengkapi 5 aturan makan berikut:

5 aturan makan yang perlu diketahui ibu hamil

Tidak Boleh melakukan Diet

Banyak ibu baru pertama kali hamil khawatir berat badan Anda bertambah setiap hari? Penambahan berat badan adalah untuk kesehatan bayi Anda. Jadi jangan berpikir untuk mengurangi kalori dan lemak setiap hari. Menurut para ahli, ibu hamil perlu makan cukup untuk meningkatkan 1-2 kg pada trimester pertama kehamilan dan selama 9 bulan harus menambah berat badan sekitar 10-14 kg. Ibu juga harus menambahkan lemak dalam tubuh sehingga janin berkembang dengan baik. Lemak penting untuk mengembangkan penglihatan dan membentuk kulit yang sehat pada janin.

Makan berbagai makanan

Dasar dari diet yang sehat adalah memilih berbagai makanan untuk menyediakan banyak energi dan multi-nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin, menurut ahli nutrisi untuk ibu dan anak-anak. Selain diet sehat, ibu hamul juga perlu menambahkan setidaknya 400mcg asam folat selama kehamilan. Mendapatkan cukup folat membantu janin mengurangi risiko spondylosis servikal dan defek tabung saraf sebesar 70%. Kekurangan asam folat juga meningkatkan risiko kelahiran prematur, kelahiran berat lahir rendah dan kelainan jantung janin.

BACA JUGA:  Makanan Yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Makan banyak makanan

Selama tiga bulan pertama kehamilan, para ibu sering menderita morning sickness. Karena itu, ibu harus sering makan atau membagi makanan menjadi beberapa porsi kecil setiap sehari. Selain 3 kali makan, ibu harus makan 3 kali makan tambahan dengan hidangan favorit. Membagi makanan akan mengurangi rasa mual, muntah dan menambah nafsu makan.

Makan lebih banyak makanan sehat

Diet sehat dan seimbang sangat penting, tetapi para ibu harus mengutamakan makanan bergizi seperti daging tanpa lemak, makanan laut, telur daripada makanan cepat saji, makanan yang digoreng, ibu juga harus memilih makanan yang tinggi protein, zat besi dan kalsium, dan makan makanan berserat tinggi untuk membantu mencegah sembelit yang merupakan masalah umum selama kehamilan.

Minum banyak air

Anda perlu tahu bahwa jumlah darah dalam tubuh selama kehamilan akan meningkat menjadi sekitar 40-50% jadi minum cukup air sangat penting. Sebagian besar wanita hamil perlu minum 11-12 gelas air (sekitar 2,5 liter) setiap hari. Air yang disaring adalah pilihan terbaik, Anda juga bisa minum susu dan jus buah yang juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here