Pemindahan Ibu Kota Kaprikornus Perhatian Menteri Ekonomi ASEAN

0
32
Pemindahan Ibu Kota Kaprikornus Perhatian Menteri Ekonomi ASEAN
Pemindahan Ibu Kota Kaprikornus Perhatian Menteri Ekonomi ASEAN

Pemindahan Ibu Kota Kaprikornus Perhatian Menteri Ekonomi ASEAN
Proses pemindahan ibu kota Indonesia dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur sempat menjadi perhatian para delegasi Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Ministers Meeting/AEM) ke-51 di Bangkok, Thailand. Hal itu terjadi ketika pertemuan makan malam, Kamis (5/9/2019), menjelang pembukaan AEM ke-51 di Bangkok, Jumat pagi waktu setempat.

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita yang memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan tersebut menyampaikan sejumlah menteri ekonomi di ASEAN begitu tertarik dengan proses pemindahan ibu kota dan imbasnya terhadap perekonomian Indonesia.

Kondisi itu juga tidak lepas dari posisi Indonesia sebagai negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah populasi penduduk terbanyak sampai 264 juta penduduk. PDB Indonesia hampir mencapai setengah dari total PDB 10 negara ASEAN atau 35 persen dari total PDB daerah yang sebesar 2,8 dolar AS, menurut data ASEAN di 2018.

“Mereka terkaget-kaget alasannya dalam proses pemindahan ibu kota, akan ada sekitar 1,5 juta pegawai pemerintahan yang akan pindah dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Jumlah itu hampir menyamai jumlah penduduk salah satu negara di ASEAN,” ujar Enggar, sapaan bersahabat Enggartiasto.

Negara-negara di ASEAN juga berharap pertemuan pejabat tinggi di daerah ke depannya mampu mampu lebih banyak diselenggarakan di Jakarta, mengingat Sekretariat ASEAN gres saja meresmikan gedung barunya.

Hal itu, kata Enggar, akan turut memacu perekonomian Tanah Air dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan dan nilai konsumsi yang dihasilkan.

“Ketika mereka datang, itu sama saja kita mendatangkan turis-turis dengan potensi wisata yang tinggi. Dan (pertemuan) itu akan rutin,” ujar Enggar.

BACA JUGA:  Antar Portugal ke Final, Ini Kata Ronaldo

Seperti diketahui, Indonesia sudah menetapkan akan memindahkan ibu kotanya dari DKI Jakarta ke Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pemindahan itu paling lambat dilakukan pada 2024.

Adapun dalam pertemuan makan malam itu, kata Enggar, sebanyak 10 pejabat tinggi negara ASEAN menyepakati untuk memperkuat soliditas negara-negara di kawasan, terutama untuk menghadapi bahaya perlambatan pertumbuhan ekonomi global dan ketegangan perdagangan negara-negara secara bilateral di luar kawasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here