8 jenis umbi-umbian yang baik untuk kesehatan ibu hamil

0
470
8 Jenis Umbi Umbian Yang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil
8 Jenis Umbi Umbian Yang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil

8 jenis umbi-umbian yang baik untuk kesehatan ibu hamil – Makan buah dan sayuran, terutama berikut 8 jenis buah dan sayuran, akan membantu ibu hamil yang sehat dan mendukung perkembangan janin dan mencegah risiko berat badan lahir rendah.

8 jenis umbi-umbian yang baik untuk kesehatan ibu hamil

  1. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C, asam folat dan serat. Stroberi kebanyakan diperkaya dengan asam folat. Namun, cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi dalam stroberi ke dalam tubuh ibu adalah dengan meminum jus stroberi yang direndam dalam gula.

Saat membeli stroberi, ibu harus memilih buah yang matang dengan warna-warna cerah. Jangan gunakan air pembersih untuk membersihkan stroberi, jadi Anda harus merendamnya dalam air. Satu hal yang perlu diperhatikan, buah stroberi adalah buah yang sangat mudah rusak, dan tidak boleh diambil atau dimakan dalam waktu yang lama (jika tidak direndam). Menurut Pengobatan Oriental, stroberi merupakan disolder sehingga ibu tidak boleh makan terlalu banyak.

  1. Wortel

Jika Anda memiliki kekurangan vitamin A, saat hamil ibu cenderung memiliki mata kering, penglihatan yang buruk, kondisi kulit yang buruk dan sistem kekebalan tubuh yang tidak berfungsi dengan baik. Pada wortel terdapat karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A, membantu ibu untuk mencegah masalah yang kami sebutkan di awal.

Saat menyiapkan makanan, ibu tidak boleh menggunakan cuka atau makanan asam dicampur pada wortel agar tidak mengurangi manfaat makanan ini.

  1. Tomat

Tomat kaya akan vitamin, karoten, protein, dan elemen. Makan banyak tomat dapat membantu ibu memilih suplemen nutrisi dan kecantikan kulit yang baik saat hamil.

Wanita hamil tidak boleh makan tomat mentah untuk mencegah keracunan, menyebabkan mual, kelelahan dan efek buruk pada janin. Ibu hamil sebaiknya tidak makan tomat ketika lapar, karena ini akan menghalangi pencernaan dan menyebabkan sakit perut ibu.

  1. Pisang

Pisang memiliki sejumlah besar asam folat, yang membantu bayi di dalam rahim untuk mengembangkan tabung saraf, otak dan tulang. Makan pisang juga membantu ibu mendorong gerakan peristaltik dan meningkatkan perubahan hormonal selama kehamilan.

  1. Jagung manis

 

Jagung manis bergizi, mengandung banyak vitamin, asam lemak tak jenuh, yang dapat membantu melembutkan pembuluh darah dan mencegah penyakit kardiovaskular. Makan jagung tidak hanya membantu ibu hamil menambah nutrisi tetapi juga menyediakan lebih banyak serat untuk tubuh, mencegah konstipasi dengan sangat baik. Ibu harus makan jagung rebus atau dikukus untuk menyerap nutrisi terbaik dalam jagung.

  1. Bawang
BACA JUGA:  Makanan yang harus dimakan dan dihindari selama kehamilan

Bawang memiliki efek detoksifikasi dan merupakan salah satu jenis buah langka yang mengandung prostaglandin A, yang dapat menurunkan tekanan darah. Bawang juga memiliki efek antioksidan kuat, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika merasa lelah, ibu harus makan hidangan yang terbuat dari daging dan bawang. Sup tulang rebus dengan bawang juga mudah dimakan, tetapi dalam prakteknya ini dapat mengurangi tingkat penyerapan vitamin B1 ke dalam tubuh.

Wanita hamil dengan gatal dan penyakit mata yang terkait seharusnya tidak memakan bawang. Juga, jangan makan terlalu banyak untuk menghindari perut kembung.

  1. Semangka

Semangka mengandung karoten, vitamin, gula, zat besi dan beberapa nutrisi lainnya. Semangka membantu sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Ketika ibumerasa haus, ibu saya harus makan semangka tetapi tidak boleh makan semangka dingin. Wanita hamil dengan riwayat diabetes tidak boleh makan semangka.

Perlu dicatat bahwa beberapa orang memiliki kebiasaan makan semangka dengan sedikit garam untuk meningkatkan rasa manis, tetapi metode ini akan mengurangi banyak kandungan kalium di semangka.

  1. Buah Persik

Buah persik dianggap herbal dan sangat baik untuk kesehatan. Namun, buah persik sering tercantum dalam daftar buah yang seharusnya tidak dimakan. Alasannya adalah karena peach atau hama dan penyakit cepat busuk sehingga orang sering menyemprotkan pestisida dan merendam pengawet, maka memakan buah ini dapat membuat keracunan. Selain itu, buah persik memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil seperti mengatasi sakit tenggorokan. Ibu juga tidak boleh mengkonsumsi daun persik karena mengandung racun.

Oleh karena itu, ibu masih bisa makan buah persik untuk melengkapi nutrisi, cukup pilih jenis buah yang tidak disemprot dengan pestisida atau buah yang direndam menggunakan pengawet, sebelum memakannya ibu harus mencuci sampai bersih dan mengupas buah persik sebelum dimakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here