ASTAGA…!!! Banyak Orang Salah Pengertian Tentang Ibu Hamil

0
432
ASTAGA...!!! Banyak Orang Salah Pengertian Tentang Ibu Hamil
ASTAGA...!!! Banyak Orang Salah Pengertian Tentang Ibu Hamil

Pengertian Ibu Hamil – Pernahkah Anda melihat Ibu yang sedang hamil? Pastinya pernah kan? Setiap orang pasti pernah melihat orang yang sedang hamil, tetapi tidak banyak dari mereka yang tahu akan pengertian Ibu Hamil tersebut. Pertanyaannya adalah “ Apa si pengertian dari ibu hamil itu?”

Ibu hamil adalah suatu keadaan dimana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Kehamilan ini biasanya terjadi selama 40 minggu antara berakhirnya waktu menstruasi dan kelahiran (biasanya 38 minggu dari pembuahan).  Ibu yang sedang hamil juga biasa disebut dengan gravida. Gravida sendiri sebenarnya dibagi menjadi dua, antara lain :

  1. Primigaravida

Primigaravida adalah wanita yang sedang hamil untuk pertama kalinya. Dan ciri-cirinya adalah payudara tegang, putting susu runcing, perut tegang menonjol, perineum utuh, vulva menonjol, vagina sempit, dengan rugae, portio runcing dan tertutup.

  1. Multigravida

Multigravida adalah wanita yang pernah hamil dan melahirkan bayi yang cukup bulan. Dan cirri-cirinya adalah payudara lembek dan menggantung, puting susu tumpul, perut lembek dan menggantung, ada bekas robekan pada perineum, vulva terbuka, vagina longgar tanpa rugae, portio tumpul dan terbagi dalam bibir depan-belakang.

Biasanya, kehamilan pada seorang wanita tidak hanya ditandai dengan terlambatnya haid, muntah pada pagi hari atau semakin besarnya perut ibu. Berbagai perubahan tubuh juga dapat terjadi selama proses kehamilan. Dan perubahan tubuh pada masa kehamilan tersebut erat kaitannya dengan berbagai keluhan, seperti :

  1. Perubahan Payudara

Payudara dan puting menjadi lebih lembut selama kurang lebih 3 minggu setelah terjadi pembuahan. Dan biasanya payudara juga membengkak yang diakibatkan oleh membesarnya kelenjar-kelenjar air susu.

  1. Peningkatan Berat Badan

Peningkatan berat badan disebabkan karena adanya rahim yang berkembang dan memerlukan ruang. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen yang rahim menjadi berkembang dan hormon progesteron yang membuat tubuh menahan air.

  1. Kram Perut
BACA JUGA:  Makanan Yang Bermafaat Untuk Perawatan Kulit Ibu Hamil

Kram perut akan terus berlangsung sampai rahim terletak di bagian tengah dan disangga oleh tulang punggung.

  1. Sering Buang Air Kecil

Hal ini terjadi karena menigngkatnya peredaran darah ketika hamil dan tekanan kandung kemih akibat membesarnya rahim.

  1. Sembelit (susah buang air besar)

Hal ini bisa terjadi, kenapa? Karena pada saat hamil kerja usus menjadi santai, sehingga dorongan mengeluarkan sisa kotoran menjadi terhambat.

  1. Ngidam

Dorongan utnuk ngemil atau makanan tertentu sering muncul pada ibu hamil sejak awal kehamilan.

Itulah pembahasan mengenai Pengertian Ibu Hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. Amiin.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here