Perempuan Bangsa Siapkan Kader Berkualitas untuk 2024

0
10
Perempuan Bangsa Siapkan Kader Berkualitas untuk 2024
Perempuan Bangsa Siapkan Kader Berkualitas untuk 2024

Perempuan Bangsa Siapkan Kader Berkualitas untuk 2024
Meski Anggota dewan perwakilan rakyat periode 2019-2024 gres dilantik, organisasi Perempuan Bangsa sudah mulai memfokuskan acara penyiapan kader berkualitas untuk memenuhi kuota 30% wanita sebagai anggota legislatif pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Afirmasi 30% dalam undang-undang akan dibarengi dengan peningkatan kualitas kader perempuan. Jadi, kami tidak hanya sebatas untuk memenuhi kuota 30% wanita sebagai calon anggota legislatif. Perempuan harus siap menduduki 30% dingklik legislatif. Tidak hanya sebagai caleg,” kata Ketua Perempuan Bangsa, Siti Mukaromah, dalam Musyawarah Wilayah III Perempuan Bangsa Jawa Barat di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/9/2019).

Untuk memenuhinya, organisasi wanita Badan Otonom Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini membentuk kepengurusan dengan koordinator wilayah yang akan melaksanakan pencarian dan membina kader potensial, serta melaksanakan peningkatan kapasitas kader wanita di daerah-daerah.

“Ada dua hal yang kami lakukan, yakni secara kuantitas dan kualitas,” ujar Erma, sapaan bersahabat Siti Mukaromah. Erma yang juga anggota dewan perwakilan rakyat itu melanjutkan, secara kualitas, Perempuan Bangsa akan menciptakan program-program pemberdayaan wanita sampai ke daerah-daerah, menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Media sosial akan menjadi perhatian kami,” sebutnya.

Sementara, dari sisi kuantitas, Perempuan Bangsa menyebarkan organisasi dengan merekrut generasi milenial dan membangun komunitas-komunitas yang berbasiskan masyarakat.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB, Syaiful Huda menambahkan, merebaknya komunitas-komunitas kekinian harus menjadi sasaran pemberdayaan perempuan. “Ada komunitas hijrah, komunitas hijabers, dan lain-lain. Ini harus kita bentuk,” tutur Syaiful.

Pada Pemilu 2019, PKB memperoleh peningkatan jumlah dingklik di dewan perwakilan rakyat dari 47 dingklik menjadi 58 kursi, di mana 12 orang di antaranya ialah perempuan. Sementara, di Jawa Barat, jumlah dingklik DPRD provinsi yang diperoleh juga meningkat dari 7 dingklik menjadi 12 orang dan dua di antaranya perempuan. Jumlah ini ditargetkan meningkat 20% dingklik wanita dengan adanya program-program ini.

BACA JUGA:  Jokowi Pidato Kemenangan di Kampung Deret Johar Baru Jakarta Pusat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here