Cara Membuat bayi di dalam rahim sehat dan berkembang dengan baik

0
72
Cara Membuat Bayi Di Dalam Rahim Sehat Dan Berkembang Dengan Baik
Cara Membuat Bayi Di Dalam Rahim Sehat Dan Berkembang Dengan Baik

Cara Membuat bayi di dalam rahim sehat dan berkembang dengan baik – Banyak hal kecil dan sederhana yang membuat bayi tercinta di dalam rahim selalu bahagia dan sehat. Apakah Anda ingin bayi Anda tersenyum bahkan di dalam rahim? Silakan simak tips dan car berikut!

Cara Membuat bayi di dalam rahim sehat dan berkembang dengan baik

Trimester pertama (minggu 0-12)

  • Selama kehamilan, Anda mungkin memiliki nafsu makan yang kuat untuk makanan tertentu, seperti coklat, krim, atau pasta. Jangan mencoba melawan keinginan ini. Sebuah studi oleh Universitas Helsinki mengungkapkan bahwa ibu yang mengonsumsi sedikit cokelat setiap hari selama kehamilan menghasilkan bayi lebih sehat daripada yang tidak mengkonsumsi. Jadi silakan menikmati makanan ini, karena bayi di dalam perut juga menikmatinya.
  • Gangguan Tidur adalah gejala umum dalam tiga bulan pertama kehamilan karena tubuh ibu bekerja lebih keras untuk mengembangkan bayi. Jadi, segera setelah Anda merasa lelah, luangkan waktu untuk beristirahat. Tidur sebentar akan membantu ibu mengisi energi tubuh dengan cepat.
  • Makan Telur: Telur kaya kolin, yang penting untuk perkembangan otak pada janin, mempengaruhi area otak yang bertanggung jawab untuk menguatkan daya ingat dan belajar. Anda perlu memastikan bahwa telur matang, telur mentah akan rentan terhadap salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan.
  • Suplemen folat: Folat diperlukan dalam diet ibu hamil, nutrisi penting untuk mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida, sehingga diet kaya folat kacang hijau, kubis, kacang polong, bayam, kembang kol, kacang, roti gandum.

Trimester kedua (minggu 13-28)

  • Pijat: Meskipun pijatan memiliki efek mengurangi rasa sakit, stres dan sedasi, tetapi para ahli mengatakan bahwa yang terbaik adalah menunggu hingga trimester kedua kehamilan untuk melakukan kegiatan ini. Banyak pendapat juga menunjukkan bahwa pijat akan meningkatkan produksi oksitosin, hormon yang berkaitan dengan ibu hamil, membuat bayi merasa lebih bahagia bahkan sebelum lahir.
  • Nikmati makanan lezat: Dimulai pada minggu ke-14, ketika ibu makan, janin juga akan menyerap makanan melalui cairan ketuban. Jadi, ketika ibu makan makanan yang baik, suasana hati yang ceria tentu saja bayi di perut akan merasakan hal yang sama.
  • Latihan lembut di air: Ibu harus berenang beberapa putaran di kolam renang, atau berolahraga relaksasi otot di dalam air, yang akan meningkatkan sirkulasi darah yang optimal bagi anak-anak.
  • Menonton acara komedi: Sejumlah penelitian terbaru menunjukkan bahwa stres selama kehamilan dapat mempengaruhi otak dan perkembangan janin pada usia kehamilan 17 minggu. Jika Anda merasa sedikit stres, cobalah menonton film ringan atau komedi yang disukai oleh ibu Anda. Tertawa adalah obat terbaik saat ini.
BACA JUGA:  Cara Agar Gigi Tidak Berlubang

Trimester ketiga (minggu 29-40)

  • Meninggalkan tempat tidur dan tetap aktif: Ibu ingat tidur untuk waktu yang lama pada tahap ini karena berat badan ibu akan menekan pembuluh darah utama dan mempengaruhi aliran darah. Jika ibu menginginkan ibu dan bayi sehat, berlatih latihan ringan secara teratur agar dapat membantu meringankan gejala yang tidak nyaman seperti kram atau sakit punggung. Ingatlah untuk tidak berolahraga terlalu berat, segera hentikan ketika ibu Anda menunjukkan tanda-tanda kelelahan.
  • Dengarkan musik: Pada usia 5 bulan, bayi bisa mendengar suara dari luar. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa musik dengan melodi yang pelan dan lembut, seperti musik klasik, memiliki efek menenangkan, membantu bayi untuk rileks. Namun, ibu tidak boleh menyalakan musik terlalu keras atau tekanan pada perut terlalu lama, menyebabkan pendengaran anak-anak terkena cairan ketuban untuk memperkuat suara. Menyalakan speaker dengan volume sekitar 50 dB adalah yang terbaik untuk bayi Anda.
  • Ayah mengajak cerita janin: Pada bulan ini, bayi Anda dapat mengenali suara ayahnya, jadi biarkan suami Anda membaca cerita pendek untuk bayinya, sehingga bayi dan ayahnya dapat saling berkomunikasi sejak di dalam rahim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here