Industri Pelayaran Diminta Ikut Jaga Sistem Komunikasi Kabel Laut

0
14

Industri Pelayaran Diminta Ikut Jaga Sistem Komunikasi Kabel Laut
PT Ketrosden Triasmitra (Triasmitra) bekerja sama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam menggelar Sosialisasi Pengamanan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Wilayah Kepulauan Riau dan Batam. Sosialisasi dilakukan dengan mengundang para biro dan pemilik maupun asosiasi yang bergerak di bidang perkapalan dan pelayaran yang terdaftar di KSOP Khusus Batam dan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun.

CEO dan Presiden Direktur Triasmitra Group, Titus Dondi, menjelaskan sosialisasi dan edukasi dilakukan semoga para agen, pemilik maupun asosiasi kapal dan pelayaran memahami posisi SKKL yang menjadi infrastruktur strategis dalam mendukung visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Indonesia Unggul.

“Seperti kita ketahui, Pak Jokowi gres saja meresmikan Tol Langit atau SKKL Palapa Ring kemarin. Ini memberikan pemerintah mempunyai perhatian tinggi terhadap eksistensi SKKL alasannya kiprahnya yang strategis untuk mewujudkan Indonesia sebagai digital paradise,” ungkap TitusTitus mengungkapkan,

SKKL Palapa Ring yang dibangun pemerintah mempunyai ketersambungan dengan wilayah perairan Kepulauan Riau dan sekitarnya, mengingat Batam menjadi gerbang internet Indonesia menuju hub ke Singapura sebelum ke jaringan global.

“Sebagai pihak yang dipercaya untuk managed service Palapa Ring Barat, Triasmitra merasa perlu melaksanakan sosialisasi alasannya masih ditemukan kapal-kapal yang melaksanakan kegiatan pelayaran di wilayah perairan Kepulauan Riau dan sekitarnya, salah lokasi ‘parkir’ dan mengakibatkan kerusakan jaringan SKKL di wilayah tersebut. Ini kan mampu mengancam eksistensi Tol Langit yang kita banggakan,” papar Titus.

Titus menjelaskan, kerusakan SKKL mengakibatkan biaya yang besar untuk pemulihan, dan mampu mengganggu koneksi jaringan internet di wilayah Kepulauan Riau maupun jaringan internet secara nasional. Pasalnya, Kepulauan Riau khususnya Batam ketika ini masih menjadi gerbang koneksi internet Indonesia dengan jaringan luar negeri.

BACA JUGA:  Erick Thohir: Sudah Waktunya Kami Ofensif

Diingatkannya, pengrusakan SKKL oleh kegiatan kapal juga mampu diproses secara hukum. Undang-undang (UU) yang berlaku secara umum ialah kitab undang-undang hukum pidana dan KUHAP diperkuat dengan UU Telekomunikasi, menyebutkan wacana konsekuensi aturan bagi pihak yang mengakibatkan gangguan atau kerusakan perangkat telekomunikasi termasuk SKKL yang merupakan tulang punggung bagi telekomunikasi.

“Kami bersama SOP Khusus Batam berharap dengan adanya jadwal sosialisasi ini kerusakan SKKL balasan kegiatan kapal atau pelayaran mampu ditekan seminimal mungkin, sehingga telekomunikasi tidak mengalami gangguan semoga tujuan utama SKKL untuk memajukan Indonesia di tengah persaingan global mampu tercapai,” pungkas Titus.

Kepala KSOP Khusus Batam, Capt Barlet Silalahi, menambahkan, para pemilik atau nakhoda kapal harus memperhatikan jalur yang dilaluinya dan menghindari rute yang ada SKKL di bawahnya.

“Nakhoda kapal kita harapkan memahami gejala dimana ada SKKL di bawah bahari dan menghindarinya. Harap diingat, kalau SKKL terganggu, stabilitas mampu terganggu pula alasannya komunikasi putus,” kata Capt Barlet.

Sementara, Kasubdit Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air, Een Nuraini Saidah, mewakili Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, menyatakan mendukung jadwal pembangunan SKKL di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Kepulauan Riau yang berhadapan pribadi dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura.

“Mengingat jalur SKKL yang dikelola Triasmitra berada pada alur pelayaran yang sangat padat, pengamanan jalur SKKL dimaksud sangat dibutuhkan baik sebelum maupun setelah penanaman dan penggelaran jalur dilaksanakan. Untuk itu, diimbau kepada Triasmitra selalu berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, semoga sinergisitas mampu tercapai dan tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan pelayaran serta pinjaman maritim,” tandas Een.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here