Cara mengatasi berat badan kurang saat hamil

0
67
Cara Mengatasi Berat Badan Kurang Saat Hamil
Cara Mengatasi Berat Badan Kurang Saat Hamil

Cara mengatasi berat badan kurang saat hamil – Pertambahan berat badan yang wajar untuk wanita hamil adalah 10-14kg, dibagi menjadi 3 fase: trimester pertama, sedikit peningkatan, sekitar 1-2kg; Pada trimester kedua, kenaikan sekitar 5-6kg; Trimester ketiga, naik sekitar 6-7kg.

Dari trimester kedua dan seterusnya, setiap bulan Anda meningkat hanya di bawah 3-4kg disebut sedikit kenaikan berat badan. Kemungkinan besar karena penyakit atau pola makan yang buruk.

Cara mengatasi berat badan kurang saat hamil

Kurangnya penambahan berat badan selama kehamilan mungkin karena ketidakmampuan untuk menyerap nutrisi yang cukup. Ini terkait dengan faktor cacat pada bayi. Contoh menggambarkan paling jelas adalah bahwa jika diet tidak memberikan Anda dengan setidaknya 400 mcg asam folat per hari, bayi di dalam rahim rentan terhadap cacat tabung saraf dan tulang belakang (asam kelompok makanan foilic termasuk kacang jus jeruk, roti, sereal …).

Defisiensi diet vitamin seperti A, E, K, B2 dan lainnya zat (seperti zat besi, kalsium, seng, magnesium) terkait dengan anemia pada ibu dan menyebabkan disfungsi otaknya.

Jika berat badan Anda bertambah, Anda mungkin menghadapi tanda-tanda awal persalinan. Jika Anda tidak memiliki tenaga kerja lebih awal, bayi Anda akan rentan terhadap kenaikan berat badan setelah lahir. Ini telah menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya pada bayi, seperti stunt masa kecil.

Saran untuk membantu ibu mendapatkan berat badan yang cukup selama kehamilan

Makanan harian Anda harus mencakup kelompok yang cukup: protein, lemak, vitamin, serat. Anda harus menggunakan 2-3 kali sehari makanan tambahan roti, kue kering, susu, buah segar. Makanan harus memenuhi keamanan, kesegaran sebelum diproses. Makanan siap saji seperti susu kaleng, susu segar, biskuit harus memenuhi standar kebersihan dan kualitas.

BACA JUGA:  Makanan Yang Bermafaat Untuk Perawatan Kulit Ibu Hamil

Anda harus melakukan diversifikasi diet untuk merangsang nafsu makan dan memperlancar pencernaan. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa susu merupakan sumber nutrisi yang berharga untuk ibu hamil dan bayi. Dokter menyarankan ibu hamil untuk minum susu setiap hari karena susu mengandung lemak, protein, gula, vitamin dan zat penting untuk tubuh. Anda harus minum air yang cukup untuk metabolisme dalam tubuh dengan baik. Air juga membantu Anda menghilangkan sisa yang terakumulasi dalam tubuh.

Tujuh jenis makanan yang bermanfaat bagi wanita hamil

  1. Satu kotak yoghurt setiap hari memberi Anda sekitar 20% dari jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Selain itu, yogurt juga kaya akan vitamin, menstimulasi enzim usus, membantu Anda mencerna dengan baik.
  2. 30g kismis mengandung sekitar 2 g serat, yang memenuhi 4% dari jumlah zat besi yang dibutuhkan oleh wanita hamil pada siang hari.
  3. Jus wortel. Berisi lebih banyak vitamin A dan serat. Namun, ambil hanya 3 cangkir jus wortel per minggu.
  4. Susu kedelai Kadar kalsium dan vitamin D yang tinggi juga harus membantu wanita hamil. Satu kotak susu kedelai mampu memenuhi sepertiga kebutuhan harian kalsium dan vitamin D Anda.
  5. Sepiring buah-buahan segar terdiri dari 4 jenis. Membantu Anda mengonsumsi serat, air, dan vitamin yang lezat.
  6. Roti dan kue. Setelah cukup tepung ketika Anda lapar, Anda tidak boleh makan terlalu banyak untuk menghindari perut kenyang.
  7. Jus jeruk. Satu gelas jus jeruk per hari memenuhi 15% zat besi dan sekitar 10% kebutuhan kalsium Anda.

2 jenis makanan cepat saji harus dibatasi

  1. Mie instan karena tinggi lemak dan rendah vitamin.
  2. Minuman kaleng atau minuman botol. Banyak gula membuat Anda merasa segar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here