Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Kini Tersedia di 4 Kota

0
4

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Kini Tersedia di 4 Kota
PT Perusahaan Listrik Negara (persero) hari ini Senin (28/10) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) secara bersamaan di empat kota, ialah Tangerang, Bali Selatan, Jakarta dan Bandung.

Acara pelantikan SPKLU ini sebagai bab dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterei, sesuai dengan Peraturan Presiden No.55 tahun 2019. Untuk itu PLN berkomitmen menyediakan sejumlah SPKLU baik yang disediakan secara mampu berdiri diatas kaki sendiri oleh PLN, ataupun melalui kerjasama dengan pihak swasta.

Acara peluncuran dilakukan di salah satu SPKLU yang terletak di Aeon Mall, BSD City, Serpong, Tangerang Selatan. Peluncuran dihadiri Direktur Ketenagalistrikan ESDM Rida Mulyana, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Fajar Harry Sampurno, Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani, dan Plt Komisaris Utama PLN Ilya Avianti.

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani ketika peluncuran mengatakan, pihaknya secara terbuka bekerja sama dengan banyak sekali pihak untuk pengembangan SPKLU, baik perusahaan swasta ataupun BUMN.

Sebelumnya PLN juga telah menjalin kerjasama dengan 20 kawan strategis dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Dalam kolaborasi tersebut, dibangun SPKLU di sejumlah instansi, termasuk area parkir kendaraan bermotor di banyak sekali perkantoran dan juga nantinya di pusat-pusat perbelanjaan.

Menurut Sripeni, kolaborasi dilakukan untuk mengimplementasikan Perpres Nomor 55 tahun 2019 perihal Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).
Di tahun ini PLN berencana membangun 10 SPKLU secara sedikit demi sedikit sampai tahun depandi seluruh Indonesia, dan dibutuhkan jumlahnya akan terus bertambah. Ke depan diproyeksikan akan terbentuk ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterei di Indonesia, yang pada ujungnya menyebabkan Indonesia bebas polusi, sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang tidak mampu diperbarui.

BACA JUGA:  26 Tim Mahasiswa Indonesia Siap Bertarung di SEM Asia 2019

General Manager Aeon Mall BSD, Windy menyatakan apresiasinya, sebab AEON Mall BSD telah dipilih menjadi lokasi peluncuran SPKLU pertama. “Ini sesuai janji kami menjaga lingkungan dan aktif dalam pemanfaatan energi bersih,” katanya.

Sementara itu Dirjen ketenagalistrikan Rida Mulyana menyebutkan, pembangunan sejumlah SPKLU merupakan langkah strategis dari PLN, yang akan mampu mendorong penjualan tenaga listrik di masa depan. “Seperti kita ketahui, PLN menerima penugasan dari Pemerintah untuk menyediakan infrastruktur pengisian listrik untuk KBL (kendaraan bermotor listrik) berbasis baterai. Hal ini menjadi bantuan bersama terhadap acara Pemerintah, demi terwujudnya kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik,” kata Rida.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here