Daftar Nutrisi penting selama kehamilan yang harus diketahui

0
57
Daftar Nutrisi Penting Selama Kehamilan Yang Harus Diketahui
Daftar Nutrisi Penting Selama Kehamilan Yang Harus Diketahui

Daftar Nutrisi penting selama kehamilan yang harus diketahui –¬†Nutrisi selama kehamilan memiliki dampak langsung pada kesehatan dan perkembangan bayi. Jadi ibu hamil untuk mencatat nutrisi berikut!

Daftar Nutrisi penting selama kehamilan

  1. Kembang kol (cauliflower), makanan hijau dianggap wanita hamil yang sehat karena vitamin kembang kol mengandung zat yang mampu mencegah kanker. Kandungan vitamin C dalam brokoli adalah 2,5 kali lebih tinggi dari vitamin C yang ditemukan dalam jeruk.
  2. Pada kuartal ketiga, permintaan kalsium dari ibu hamil harus diperkuat. Penyebabnya adalah pada titik ini, kerangka dan gigi pada bayi telah dibentuk. Penelitian menunjukkan bahwa bayi membutuhkan sekitar 13mg kalsium per jam dari darah ibu (sekitar 250-300mg kalsium dalam makanan setiap hari). Makanan sumber kalsium adalah susu, susu kedelai, tahu, brokoli, sayuran, polongan, ikan (terutama salmon) …
  3. Makanan berlimpah DHA Omega3 dan penting tidak hanya untuk kesehatan ibu tetapi juga diperlukan untuk perkembangan janin. DHA membantu mengembangkan otak, sistem saraf, dan organ utama dalam tubuh. Pada kuartal ketiga, ketika otak janin tumbuh, permintaan DHA meningkat. sumber makanan kaya DHA dan Omega 3 adalah ikan, telur, kerang (atau jenis makanan laut lainnya), ayam, daging sapi, hati hewan.
  4. Kaki Bengkak adalah salah satu dari banyak masalah yang dihadapi banyak ibu. Penyakit ini lebih parah jika Anda memiliki diet kaya garam. Ini tidak berarti bahwa Anda harus makan makanan tanpa bumbu tetapi Anda harus menghindari makan terlalu banyak makanan asin.
  5. Asam folat adalah nutrisi kunci sebelum dan selama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang meningkatkan makanan kaya asam folat sebelum dan selama kehamilan mengurangi risiko cacat lahir. Kebutuhan asam folat untuk wanita usia subur adalah sekitar 400mg per hari. Makanan kaya asam folat adalah kacang-kacangan, hati hewan, susu kedelai, brokoli, biji bunga matahari, yang berdaun sayuran hijau, sereal …
  6. Sekitar 2% wanita memiliki diabetes gestasional. Penyakit ini dapat dikontrol melalui diet, yang berarti Anda harus membatasi makanan manis dan permen yang kaya karbohidrat. Tanda-tanda khas diabetes gestasional meningkat haus, berat badan, dan kelelahan.
  7. hemoglobin (zat di dalam darah) menjaga fungsi transportasi darah dan oksigen dari paru-paru ke organ-organ di dalam tubuh ibu dan janin. Besi berperan dalam memproduksi hemoglobin.
  8. Pada kuartal ketiga, permintaan zat besi dari ibu dan janin dibesarkan. Sumber makanan yang kaya akan zat besi seperti ikan (seafood), daging (sapi dan unggas), telur, sayuran, polongan, buah-buahan kering.
  9. Alih-alih berfokus pada tiga kali makan, Anda harus makan lebih banyak makanan kecil lebih sering di siang hari. Ini membantu Anda mengurangi mulas. Penyakit ini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan. Sumber makanan menyebabkan sakit maag lebih tidak nyaman daripada makanan tinggi lemak, gula; makanan pedas; coklat, minuman berkafein.
  10. Anda harus mengontrol jumlah junk food, jangan makan terlalu banyak tetapi jangan makan terlalu sedikit. makanan ringan yang wajar dan sehat akan membantu Anda menghindari kelelahan dan mual di pagi hari, menyediakan sekitar 300kalo (jumlah kalori ekstra konsisten dengan kebutuhan ibu hamil). Camilan yang tepat adalah buah-buahan segar, jus buah, roti, kue kering, biskuit, susu …
  11. Anda harus membatasi makanan ringan untuk gula dan lemak. Jenis makanan ini dapat memberikan energi tetapi kekurangan vitamin dan mineral untuk tubuh. Sekitar 30% makanan ringan terkait dengan lemak.
  12. Daging merah dan daging unggas adalah sumber protein yang baik – nutrisi penting selama kehamilan. Protein membantu membangun dan membentuk tubuh utama janin sementara itu efektif terhadap penyakit menular, mencegah pembekuan darah dalam tubuh ibu.
  13. Jika Anda terus-menerus muntah, semakin banyak Anda makan camilan lebih sering. Mempertahankan nutrisi rutin adalah cara terbaik untuk mengimbangi hilangnya nutrisi saat Anda muntah.
  14. Nitrat (bentuk garam kimia) biasanya ditingkatkan dalam daging kalengan, daging asap, makanan cepat saji … Ia bekerja untuk menjaga warna, aroma dan mencegah infiltrasi bakteri untuk makanan kalengan. Jika Anda makan lebih banyak dari jenis makanan ini, tubuh Anda rentan terhadap air liur.
  15. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda tentang mengambil vitamin sebelum Anda berniat hamil. Perhatikan bahwa, diet, hidup sehat sebelum Anda ingin melakukan lebih baik dari setiap orang tua akan resep dari dokter.
  16. buah-buahan, umbi berwarna kuning (atau oranye) mengandung lebih banyak vitamin A dan beta karoten, membantu mengembangkan tulang, kulit, visi untuk kehamilan; secara bersamaan, mereka juga memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko kanker paru-paru dan kanker tenggorokan untuk ibu. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi suplemen vitamin A secara sewenang-wenang. Karena, berlebihan vitamin A (4.000 IU vitamin yang lebih besar A / hari) akan berbahaya bagi kesehatan.
  17. Daging yang tidak diolah, makanan laut dapat membuat Anda menderita penyakit usus. Anda benar-benar tidak boleh makan ikan mentah, daging babi atau potongan daging juga berwarna merah muda. Anda hanya boleh menggunakan makanan saat sudah matang.
  18. Keju lunak bisa mengandung Listeria. Anda harus menghindari makan keju untuk mencegah Listeria dapat menembus plasenta, mempengaruhi kehamilan; Bahkan menyebabkan keguguran, bayi lahir mati Bahkan krim yang dibuat dengan keju juga memiliki potensi risiko kesehatan.
  19. Saat hamil, Anda mungkin merasa mual atau sakit maag. Pada saat ini, Anda harus makan lebih banyak buah-buahan segar, makanan kaya serat seperti sayuran hijau, kacang-kacangan (kacang), minum jus buah segar.
  20. Banyak wanita salah mengerti arti “makan untuk dua orang (ibu dan bayi) saat hamil”. Intinya, Anda tidak perlu melipatgandakan pola makan Anda, Anda hanya perlu meningkatkan sekitar 300kalo per hari. Kenaikan berat badan selama kehamilan dapat bervariasi antara wanita dan wanita lain. Kenaikan berat badan yang ideal saat hamil adalah dari 10-15kg.
  21. Mempertahankan diet seimbang: Setiap hari, Anda harus makan berbagai makanan, termasuk daging, ikan, susu, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah … Jadi cukup nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan yang sehat. Kuat untuk ibu dan bayi. Anda benar-benar menghindari diet karena daging adalah sumber makanan yang kaya zat besi dan protein.
  22. Anda harus mengendalikan kebiasaan minum teh dan kopi selama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda mengonsumsi lebih dari 300mg kafein sehari, 50% wanita hamil menunjukkan tanda-tanda keguguran.
  23. Jika urin Anda lebih gelap, mungkin karena Anda tidak minum cukup air. Jadi, saat hamil, Anda harus minum air secara teratur pagi, sore, sore dan minum lebih sedikit di malam hari. Anda juga harus menambahkan air setelah berolahraga.
  24. Mengidam kehamilan dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi; Misalnya, jika Anda mendambakan kentang goreng atau acar, tubuh Anda mungkin membutuhkan lebih banyak natrium (garam kimia). Nafsu makan sebagian besar karena perubahan hormonal selama kehamilan. Ini normal kecuali Anda menginginkan sesuatu selain makanan seperti pasir, kain, kayu … Maka Anda harus berbicara dengan dokter Anda.
  25. Anda harus berhenti dan tinggal jauh dari asap tembakau. Asap rokok meningkatkan risiko Anda memiliki bayi berat lahir rendah dan meninggalkan banyak masalah bagi bayi Anda. Ingat, semua yang Anda serap ke dalam tubuh memengaruhi kehamilan.
BACA JUGA:  Kebiasaan Buruk Saat Kehamilan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here