Janji Jiwa Targetkan Miliki 1.000 Outlet

0
2
Janji Jiwa Targetkan Miliki 1.000 Outlet
Janji Jiwa Targetkan Miliki 1.000 Outlet

Janji Jiwa Targetkan Miliki 1.000 Outlet
Janji Jiwa, merk kopi lokal Indonesia, menargetkan akan mempunyai 1.000 outlet di Indonesia pada semester I-2020. Hingga tamat tahun 2019, Janji Jiwa telah mempunyai 700 outlet yang tersebar di 50 kota besar di Indonesia.

Founder dan CEO Janji Jiwa, Billy Kurniawan mengatakan, pertumbuhan jumlah outlet yang tinggi alasannya dikembangkan dengan sistem waralaba. Ia mengakui, sebanyak 90 persen outlet merupakan milik pewaralaba. Sedangkan 10 persen lainnya dikelola sendiri.

“Sebanyak 70 outlet kami kelola sendiri, termasuk outlet Janji Jiwa X yang konsepnya berbeda dibandingkan Janji Jiwa lainnya. Karena, ini lebih menghadirkan daerah duduk dan suasana yang nyaman. Sedangkan yang biasanya lebih mengusung grab and go,” ungkap Billy di sela program Kopi Janji Jiwa Raih Penghargaan MURI, di Jakarta, Senin (23/12/2019).

Billy menjelaskan, ketika ini pihaknya telah memproduksi 8 juta kopi perminggu dan ditotal 32 ton dalam sebulan dari seluruh outlet di Indonesia. Dari angka tersebut, sebanyak 5 juta cup kopi yang telah terjual dalam sebulan. Sedangkan pada pertengahan tahun mendatang, diperkirakan akan mencapai 12 ton perminggu atau 48 ton perbulan bijih kopi yang akan diproduksi.

“Dengan sasaran penambahan sampai mencapai 1.000 outlet, diperkirakan akan mencapai 7 juta cup kopi yang terjual nantinya,” papar dia.

Menurut Billy, perluasan dengan bisnis model waralaba pihaknya telah menjangkau ke kota ketiga. Bahkan, telah banyak diterima oleh masyarakat setempat dengan baik. Tidak hanya itu, pihaknya juga perluasan dengan menciptakan Jiwa Toast, yang menunjukkan kuliner pendamping para konsumen dalam menikmati kopi.

“Untuk gerai Jiwa Toast, telah hadir selama dua bulan tearakhir di Jabodetabek dengan jumlah 25 sampai 30 outlet,” terang Billy.

BACA JUGA:  Lolos ke Perempat Final, Benin Catatkan Sejarah

Tidak hanya itu, Billy menyampaikan pihaknya akan melaksanakan go international dengan membuka outlet Janji Jiwa di luar negeri, terutama di Asia Tenggara. Namun, ia masih enggan menyebutkan negara yang akan dituju.

Billy belum memilih model bisnisnya di luar negeri nanti untuk perluasan tersebut. Meski demikian, ia optimistis kedai kopinya akan bisa bersaing dan menerima konsumen di luar negeri.

“Hal itu alasannya kami mempunyai rasa yang memang otentik dan khas dibandingkan kopi yang lain. Sebab, kami memakai gula aren yang memang khas Indonesia,” tutup Billy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here