Cara alami perawatan rambut berketombe

0
315
Cara Alami Perawatan Rambut Berketombe
Cara Alami Perawatan Rambut Berketombe

Cara alami perawatan rambut berketombe РPaling menyebalkan jika rambut anda berketombe. Anda akan merasa kurang percaya diri untuk menguraikan rambut anda. Ketombe ini masalah rambut yang sering orang alami termasuk saya sendiri. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab kulit kepala berketombe? Bagaimana menghilangkan ketombe?

Rambut berketombe bukan dari rambutnya namun dari kulit kepala. Ketombe merupakan proses pengelupasan sel-sel kulit kepala yang mati. Ketombe ini buka sejenis organisme yang tinggal dirambut kita seperti kutu rambut. Namun proses dari pengelupasan sel-sel kulit mati. Selain proses tersebut rambut berketombe ini dapat disebabkan karena faktor lain yaitu karena jenis kulit kepala yang berminyak, karena keringat, karena jamur, atau bisa juga karena faktor yang lainnya. Faktor lain ini seperti cuaca dingin, minyak rambut, shampo yang tidak cocok dengan jenis kulit kepala dan masih banyak yang lainnya. Jangan pernah mengabaikan masalah rambut ketombe ini. Karena rambut ketombe membuat kita merasa gatal-gatal sehingga akan terjadi iritasi pada kulit kepala. Iritasi pada kepala karena garukan yang terlalu kuat juga dapat terinfeksi bakteri yang masuk melaui kulit kepala. Jika jenis ketombe anda ini ringandapat dicoba dengan meningkatkan frekuensi keramas anda dengan menggunakan shampo anti ketombe yang ringan pula. Semakin sedikit ketombe yang hinggap di rambut anda maka setiap hari keramas dapat mengendalikan pertumbuhan ketombe secara terus-menerus.

Selain itu ada beberapa Cara alami perawatan rambut berketombe yaitu:

  1. Cuka putih. Obat yang sangat baik untuk ketombe anda cukup dengan cuka putih. Ini caranya pembuatannya:
  • Sediakan 1 cangkir air
  • Sediakan 1 cangkir cuka putih
  • Campur keduanya
  • Sebelumnya anda keramas terlebih dahulu
  • Pada bilasan terakhir tuangkan campuran cuka putih dan air ke kulit kepala anda secara merata
  • Diamkan sebentar saja, lalu bilas dengan air bersih
BACA JUGA:  Tips Perawatan Kecantikan di Musim Dingin

Selain itu anda dapat mencapurkan dengan minyak dengan takaran 1 sendok cuka putih dan 3 sendok makan minyak. Cara penggunaannya sama dengan yang menggunakan air namun untuk yang satu ini bilasnya harus menggunakan sampo.

  1. Soda kue. Untuk yang satu ini biasa digunakan untuk bahan membuat kue namun untuk kali ini digunaka untuk mengatasi kulit kepala yang bermasalah. Cara penggunaannya cukup mudah dan tidak ribet pastinya. Cukup ambil segenggam soda kue dan gosokkan pada kulit kepala anda sampai merata. Kemudian bilas rambut anda sampai serbuk soda kue hilang dari rambut anda. Anda dapat melakukan hal ini berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah 1 minggu anda dapat melihat perkembangannya.
  2. Jeruk nipis. Cukup ambil airnya saja untuk perawatan rambut ketombe anda. Peras jeruk nipisnya kemudian siramkan ke kulit kepala anda sambil diremas-remas rambut dan kulit kepala. Setelah itu bilas dengan bersih.
  3. Garam. Bumbu dapur ini juga dapat mengatasi masalah rambut ketombean. Ambil garam, kemudian taburkan di atas kulit kepala kita sambil digosokkan. Setelah itu bilas setelah beberapa menit kemudian dengan menggunakan shampo.

Bagaimana, mudah bukan? Sangat simple sekali caranya. Kita dapat melakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke salon. Namun jika ketombe anda tetap tidak dapat diatasi anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Mungkin akan diberikan obat sendiri baik dari dalam maupun dari luar. Ketombe bukan masalah lagi untuk tampil cantik. Itulah sedikit ulasan tentang Cara alami perawatan rambut berketombe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here