Cara AMPUH Hilangkan Cegukan

0
310
Cara AMPUH Hilangkan Cegukan
Cara AMPUH Hilangkan Cegukan

Cara “AMPUH” Hilangkan Cegukan – Pernahkah Anda cegukan? Pastinya pernah kan? Anda pasti merasa terganggu dengan adanya cegukan, terlebih saat Anda sedang mengobrol dengan orang lain. Pertanyaannya adalah “Bagaimana sih cara menghilangkan cegukan tersebut?”

Cegukan sendiri sebenarnya merupakan kontraksi tiba-tiba yang tidak disengaja yang terjadi pada diafragma. Pada umumnya, hal ini bisa terjadi berkali-kali selang beberapa menit. Cegukan sendiri ada 2 macam jenisnya, yaitu cegukan bersifat ringan dan cegukan bersifat permanen. Cegukan yang bersifat ringan ini biasanya hanya terjadi selama beberapa menit saja. Cegukan ringan ini bisa disebabkan adanya regangan pada lambung, perubahan cuaca mendadak, makan tergesa-gesa, merokok terlalu banyak dan mengonsumsi minuman alkohol. Sedangkan cegukan yang bersifat permanen bisa terjadi secara terus-menerus. Cegukan ini biasanya merupakan gejala adanya gangguan pada otak, gejala stroke, infeksi pada susunan saraf pusat (otak) dan adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi. Oleh karena itu, cegukan harus dihilangkan dengan segera agar aktivitas sehari-hari Anda tidak terganggu.

Adapun beberapa cara untuk menghilangkan cegukan yang perlu Anda ketahui, antara lain :

  1. Menggunakan Sendok Gula

Caranya adalah siapkan satu sendok gula dan letakkan di pangkal lidah. Cara ini bisa membantu Anda untuk menghilangkan cegukan.

  1. Menekan Kedua Telinga

Caranya adalah tekan kedua telinga dengan kedua telapak tangan Anda. Menekannya jangan terlalu kencang dan jangan terlalu longgar. Tunggulah sampai cegukan tersebut berhenti.

  1. Mencari Kejutan

Caranya adalah mintalah teman Anda untuk membuat Anda merasa kaget atau terkejut. Rasa kaget tersebut bisa menghilangkan cegukan Anda dalam seketika.

  1. Menjulurkan Lidah

Caranya adalah julurkan lidah Anda dan tahan beberapa detik. Cara ini bisa menghentikan cegukan Anda dalam seketika.

  1. Menggelitik Langit-langit Mulut
BACA JUGA:  Faktor berbahaya bagi perkembangan otak janin

Caranya adalah gelitiki langit-langit mulut Anda dengan cotton bud.

  1. Menahan Nafas

Caranya adalah tahan nafas selama beberapa detik hingga cegukan tersebut hilang dengan sendirinya.

  1. Mengonsumsi Tablet Antasida

Caranya adalah telan satu sampai dua tablet antasida untuk menghentikan cegukan tersebut.

  1. Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas bisa membuat asam dari perut masuk menuju esofagus. Akibatnya, kandungan asam tersebut bisa menyebabkan cegukan.

Itulah pembahasan mengenai Cara Menghilangkan Cegukan yang bisa Anda terapkan dirumah. Apabila Anda menginginkan penanganan yang lebih spesifik, sebaiknya pergilah ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Semoga bermanfaat. Amiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here