Gejala Penyakit Gagal Ginjal

0
328
Gejala Penyakit Gagal Ginjal
Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Gejala Penyakit Gagal Ginjal – Gejala Penyakit Gagal Ginjal | Apakah Anda sering mengalami sakit pinggang? Jika Anda sering mengalaminya, bisa jadi Anda mengalami gejala gagal ginjal. Tentunya Anda tidak inginkan? Untuk itu, Anda harus mengetahui gejala penyakit gagal ginjal. Nah masalahnya adalah “ Apa saja sih gejala dari penyakit gagal ginjal itu?”

Gagal ginjal merupakan penyakit yang dikarenakan karena rusaknya ginjal sehingga fungsi ginjal tidak dapat berfungsi secara sempurna. Sebenarnya gagal ginjal tidak selalu ditandai dengan seringnya sakit pada pinggang. Gejala, keluhan atau tanda pada penyakit ginjal biasanya baru muncul bila Laju Filtrasi Ginjal kurang dari 30 persen.

Adapun gejala penyakit gagal ginjal yang perlu Anda ketahui, antara lain :

  1. Nafsu makan kurang serta menurunnya berat badan

Kedua kendala tersebut merupakan kendala umum yang paling sering diabaikan. Faktanya, kesibukan saat bekerja merupakan pemicu kurangnya nafsu makan. Dan untuk masalah menurunnya berat badan, banyak orang yang senang dengan gejala ini. Padahal, kondisi seperti itu adalah dimana penyakit ginjal itu dimulai. Tubuh harus mendapatkan nutrisi yang cukup setiap harinya. Nutrisi tersebut berasal dari asupan makanan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga asupan makanan ke dalam tubuh.

  1. Kaki, tangan atau pergelangan kaki membengkak

Ginjal sendiri berfungsi untuk menghilangkan limbah dan cairan ekstra di dalam tubuh. Ketika ginjal gagal untuk menjalankan fungsi tersebut, maka cairan ekstra di dalam tubuh Anda akan mulai membangun ruang, sehinga menyebabkan pembengkakan di wajah, tangan, kaki atau pergelangan kaki. Pembengkakan tersebut dikarenakan oleh adanya retensi yang meningkat.

  1. Sesak napas dan kelelahan

Selain menyaring racun di dalam tubuh, ginjal juga menghasilkan hormon yaitu eritropoietin. Hormon tersebut berfungsi untuk membantu membawa oksigen sel darah merah ke seluruh tubuh. Bila fungsi ginjal berhenti, maka hormon eritropoietin yang dihasilkan juga berkurang atau tidak cukup. Ketidakcukupan tersebut mengakibatkan lebih sedikit sel darah merah untuk membawa oksigen dalam tubuh dan menyebabkan otot-otot serta otak mudah keletihan dengan cepat. Biasanya Anda merasa terkuras tenaganya tanpa melakukan apa-apa. Selain itu, Anda juga akan sulit untuk menarik nafas.

BACA JUGA:  Kalbe Hadirkan Fasilitas Poli Kanker Anak di RS Dharmais

Itulah pembahasan mengenai Gejala Penyakit Gagal Ginjal yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan mengetahui gejala penyakit gagal ginjal diatas, Anda terhindar dari serangan gagal ginjal. Semoga bermanfaat. Amiin

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here