Interior Rumah Sederhana Minimalis

0
172
Interior Rumah Sederhana Minimalis
Interior Rumah Sederhana Minimalis

Interior Rumah Sederhana Minimalis – Mungkin tidak ada yang bisa mendefinisikan secara pasti tentang perbedaan rumah mewah dengan rumah sederhana. Mengapa? Karena kategori rumah sederhana atau rumah mewah sifatnya relatif. Artinya tergantung dari sudut pandang mana orang menilainya. Rumah sederhana bisa dinilai seseorang sebagai rumah mewah, atau bahkan rumah mewah menurut orang lain termasuk rumah sederhana. Namun meski begitu rumah sederhana sering dikaitkan dengan model rumah yang mungil dengan desain standar, tidak ada penambahan ornamen atau aksesoris berlebihan pada Interior Rumah Sederhana Minimalis tersebut. Mungkin rumah sederhana dapat dinilai dari harganya, itupun masih bisa diperdebatkan sebab harga rumah kadang juga tergantung dari lokasi. Bisa jadi rumah sederhana terletak di lokasi strategis sehingga harganya mahal, begitu juga sebaliknya.

Jika kita beranggapan rumah kita termasuk rumah sederhana minimalis berarti kita sedang membahas mengenai desain interior yang erat kaitannya dengan penataan furnitur, pilihan tema dan warna ruangan. Mengapa bisa begitu? Sebab rumah sederhana minimalis biasanya memiliki ruang terbatas baik jumlah dan ukurannya. Jadi untuk membuat ruangan nampak lebih luas kita perlu menata interior secara tepat mencakup penataan furnitur, penentuan tema dan warna. Tak hanya itu, untuk interior ruangan sederhana minimalis kita juga perlu memperhitungkan jumlah sekat permanen (sekat dinding), bisa jadi sekat dinding yang terlalu banyak justru membuat ruang gerak penghuni rumah semakin terbatas karena minimnya area terbuka.

Kriteria Interior Ruangan Sederhana

Ada banyak cara untuk membuat interior ruangan sederhana terlihat lebih luas, lebih atraktif, dan tentu saja nyaman ditempati. Untuk mendapatkan desain interior yang lebih sempurna pada interior rumah sederhana, ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi yaitu:

  1. Ornamen Minimal

Seperti yang kita tahu ornamen berlebihan pada interior ruangan efeknya membuat ruangan terlihat semakin sempit, padahal rumah sederhana minimalis sendiri membutuhkan kesan yang lebih luas. Untuk itu penambahan ornamen pada ruangan sederhana harus dibatasi. Tidak perlu mengaplikasikan berbagai elemen dekoratif seperti marmer, batu alam, atau elemen-elemen mewah yang hanya membuat ruangan terlihat kontras. Jika memang diperlukan railing atau teralis sebaiknya dipilih yang tanpa motif, atau tidak terdapat ornamen berat. Dengan kombinasi garis vertikal dan horizontal cukup membuat desain interior lebih berkarakter.

  1. Furnitur Minimal
BACA JUGA:  Mengenal Manfaat Air Hidrogen untuk Kesehatan dan Kecantikan

Orang lain atau tamu mungkin tidak akan mengetahui atau tepatnya tidak peduli dengan luas ruangan yang sempit jika kita mengaplikasikan furnitur yang seimbang baik dari jumlah, model, dan ukurannya. Untuk interior ruangan yang sempurna kita harus memilih warna yang tepat untuk semua furnitur. Meja dan kursi sebaiknya kita pilih warna yang agak gelap, coklat gelap untuk kursi sementara meja menggunakan kaca film yang terlihat gelap. Untuk ruangan minimalis warna gelap memang memberi kesan lebih ringan dan lebih enak dilihat. Untuk sofa sebaiknya kita pilih yang tidak terlalu banyak motif, untuk warna seabiknya senada dengan meja dan kursi. Untuk kamar tidur lebih ideal menggunakan tempat tidur lurus dengan satu warna dominan mencakup warna pada sprei, sarung bantal, bedcover, termasuk aksesoris dinding.

  1. Tema Warna

Salah satu faktor penentu kenyamanan interior rumah sederhana minimalis adalah tema atau warna dinding ruangan. Untuk warna dinding kita bisa bereksperimen dengan warna cerah, jadi kita tidak perlu terpaku pada warna netral yang cenderung monoton seperti putih atau abu-abu. Warna cerah bisa kita gunakan pada ruangan minimalis dengan catatan maksimal hanya ada kombinasi 2 warna. Pada bagian jendela kita beri penutup semacam basic blind atau roller sedangkan untuk pencahayaan kita dapat memilih antara lampu down light, lampu gantung bulat, atau lampu hemat energi lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here