Manfaat Biji Labu untuk Ibu hamil dan janin

0
346
Manfaat Biji Labu Untuk Ibu Hamil Dan Janin
Manfaat Biji Labu Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Manfaat Biji Labu untuk Ibu hamil dan janin – Tidak hanya aman, biji labu juga mengandung banyak nutrisi untuk ibu hamil dan saudara perempuan sip seperti junk food setiap hari. Tidak hanya menyediakan nutrisi penting untuk kesehatan ibu, biji labu juga membantu mengembangkan otak janin, membantu mencegah cacat bawaan. Mari kita pelajari manfaat luar biasa dari makanan super ini dengan kesehatan ibu dan bayi Anda.

Manfaat Biji Labu untuk Ibu hamil dan janin

Nutrisi dari biji labu

Labu pada umumnya dan biji labu khususnya mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, B1, B2, Niacin, vitamin C, kalsium, fosfor dan zat besi. Hanya biji labu yang mengandung banyak kalori (1/4 cangkir biji labu mengandung hingga 186 kalori – setengah kalori yang dibutuhkan sepanjang hari dengan wanita hamil). Biji labu juga kaya seng, omega-3 dan folat.

Berikut ini adalah nutrisi khusus dalam biji labu:

Zat Besi

Kekurangan zat besi adalah kondisi umum pada wanita hamil. Besi digunakan untuk mendukung produksi sel darah merah, membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selama kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah untuk menyehatkan bayi. Itulah mengapa zat besi penting bagi wanita hamil dan mengapa ibu adalah besi atau kekurangan zat besi. Biji labu mengandung zat besi tertinggi kedua setelah biji wijen dengan besi 8,8 mg dalam 100g biji labu. Hanya setengah cangkir biji labu adalah setengah jumlah zat besi yang dibutuhkan oleh ibu pada siang hari.

Vitamin B, Folat

Peran utama vitamin B adalah menghasilkan energi dan, tentu saja, energi sangat penting selama kehamilan. Oleh karena itu, ibu membutuhkan jumlah vitamin B yang lebih tinggi daripada non-ibu. Folat adalah nutrisi yang paling penting dalam kehamilan karena membantu mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida. 1 onnie (setara dengan 29g) biji labu menyediakan sekitar 16 mg folat. Wanita hamil perlu suplemen 400mg folat sehari, sehingga perlu suplemen sebelum kehamilan.

Seng

Seng merupakan mineral penting bagi wanita hamil. Mineral ini juga mendukung produksi DNA dan pertumbuhan sel janin. Kekurangan zinc selama kehamilan telah terbukti menyebabkan aborsi, berat badan lahir rendah, keracunan kehamilan dan komplikasi lain selama kehamilan dan persalinan. 1 onnie (setara dengan 29g) biji labu mengandung 1.1mg seng. Wanita hamil harus diberikan 13 mg seng setiap hari.

Lemak sehat

Biji labu adalah sumber lemak jenuh sehat yang sangat baik dan menyediakan asam lemak omega-3 untuk meningkatkan perkembangan otak janin. Selain itu, asam lemak juga membantu meningkatkan penglihatan dan membantu dalam pengembangan sistem saraf pusat.

BACA JUGA:  Manfaat Labu Untuk Ibu Hamil Yang Harus Diketahui

Protein dan serat

Biji labu adalah sumber protein dan serat yang sangat baik. Protein membantu membangun otot dan meningkatkan sistem kekebalan bagi ibu. Serat membantu menjaga sistem pencernaan ibu yang sehat, menghindari konstipasi, wasir.

Minyak dari biji labu

Minyak labu mengandung senyawa tumbuhan alami yang disebut sterol dan hormon yang membantu meningkatkan kolesterol HDL. HDL adalah kolesterol yang sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah.

Menyembuhkan anemia

Selama kehamilan, ibu biasanya mengalami sakit kepala, pusing, bahkan anemia, kelemahan tubuh. Para suster dapat mengambil sekitar 60g biji labu panggang emas dengan 30g kacang panggang lalu makan pada saat yang sama, makan sekali sehari. Bertahan selama beberapa hari (sekitar 15 hari) Anda akan melihat hasil dari perubahan tubuh secara signifikan.

Menyembuhkan kekurangan ASI setelah melahirkan

Setelah melahirkan, jika ibu kurang atau kurang menyusui, ambil 20g biji labu, kupas, remukkan, beri gula putih dan air mendidih untuk diminum pada pagi dan sore hari (terutama saat perut kosong). Minum terus menerus selama 3 hari. Ini juga obat yang bisa diterapkan untuk pembengkakan kaki.

Membantu tidur nyenyak

L-tryptophan dalam biji labu adalah agen yang membantu Anda tidur nyenyak dan mengurangi depresi. Tryptophan dikonversi menjadi serotonin dan niacin. Serotonin juga membantu dalam membantu kita tidur malam yang nyenyak. Manfaat ini sangat bagus untuk wanita hamil.

Baik untuk sistem pencernaan

Biji labu mengandung banyak beta-karoten, antioksidan kuat dan anti-inflamasi. Beta-karoten juga membantu mencegah kolesterol memasuki arteri, sehingga mengurangi risiko stroke. Buah ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi, yang membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dari saluran pencernaan dan mencegah sembelit, wasir – penyakit umum pada ibu hamil.

Bantu ibu memiliki kulit yang indah

Dengan kandungan vitamin E yang tinggi (100g mengandung 35,1 mg vitamin E), biji labu dianggap sebagai “penolong yang baik” untuk kecantikan dan kesehatan Anda. Vitamin E bertindak sebagai antioksidan, jadi makan biji labu juga membantu mencegah penuaan, meningkatkan kesehatan sel-sel dalam tubuh.

Osteoporosis

Dengan sifat kaya seng, biji labu mudah dianggap sebagai makanan alami yang bekerja melawan osteoporosis. Kekurangan zinc adalah penyebab tulang tidak kuat, osteoporosis tinggi. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet defisiensi seng menyebabkan kadar mineral dan mikronutrien yang lebih rendah dalam darah, yang menyebabkan osteoporosis di pinggul dan tulang belakang. Osteoporosis juga merupakan kondisi umum untuk wanita pasca melahirkan.

Baik untuk otak janin

Tingginya kadar folat, lemak sehat, omega-3 dalam biji labu sangat bermanfaat untuk perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir. Nutrisi ini juga baik untuk penglihatan bayi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here