Sebar Hoaks Gempa Jawa, IRT Sidoarjo ini Ditangkap Polisi

0
184
Sebar Hoaks Gempa Jawa FB
Sebar Hoaks Gempa Jawa FB

LEBIHCEPAT.COM – Sebar Hoaks Gempa Jawa, IRT Sidoarjo ini Ditangkap Polisi Sangat disayangkan apabila peristiwa memilukan Gempa yang terjadi di Donggala dan palu ternyata dimanfaatkan oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab untuk membagikan berita hoax atau berita palsu kepada netizen di media sosial sehingga sangat meresahkan. Salah satu penyebar berita dan konten hoax isu akan adanya gempa Jawa yaitu dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga asal Sidoarjo yang harus ditangkap oleh pihak kepolisian dan mempertanggungjawabkan kelakuannya tersebut setelah memposting berita hoax gempa Jawa di akun Facebook miliknya.

Ibu rumah tangga asal Sidoarjo yang membagikan konten hoax terkait akan Adanya isu gempa di tanah Jawa atau gempa Jawa memang sampai saat ini langsung viral di media sosial dan jadi bahan perbincangan netizen setelah isu tersebut digaungkan Oleh ibu rumah tangga asal Sidoarjo ini. Berita palsu tersebut langsung menyebar di media sosial Facebook dan lainnya sehingga langsung meresahkan netizen di Indonesia apalagi Akun tersebut mengatakan setelah gempa Palu dan Donggala akan ada gempa yang lebih besar di pulau Jawa.

Dari postingan IRT asal Sidoarjo tersebut dirinya menuliskan apabila setelah terjadinya gempa di Nusa Tenggara Barat selanjutnya Donggala dan juga palu maka akan ada gempa di pulau Jawa dan sekitarnya sehingga momen tersebut menjadikan suasana semakin memanas dan membuat banyak orang ketakutan. Setelah ada beberapa laporan kepada pihak Kepolisian, akhirnya perempuan yang berstatus ibu rumah tangga tersebut harus mempertanggungjawabkan konten hoax yang dibagikan dan terkena uu ite.

Dari pengakuan tim cyber Crime Polda Jawa Timur apabila seorang ibu rumah tangga berinisial UUF yang usianya masih 25 tahun ini ditangkap oleh jajarannya pada hari Selasa 2 oktober 2018 malam hari setelah diduga kuat menjadi penyebar informasi hoax tentang akan Adanya isu gempa Jawa melalui akun Facebook miliknya.

BACA JUGA:  Video Brigpol Dolfis Wambonggo Mata Terkena Panah Ketika Amankan Tawuran Warga Papua Viral di Medsos

Seperti diketahui perempuan tersebut menuliskan melalui akun Facebook miliknya apabila akan ada gempa dengan kekuatan 8,9 SR di Pulau Jawa terutama di DKI Jakarta di mana di dalam postingannya pihak LIPI mewaspadai akan adanya gempa dengan kekuatan yang sangat besar di pulau jawa untuk beberapa waktu kedepan.

Sebar Hoaks Gempa Jawa FB 1
Sebar Hoaks Gempa Jawa FB 1

Dari pengakuan ibu rumah tangga asal Sidoarjo tersebut apabila gempa Jawa yang akan terjadi terutama di Jakarta merupakan sebuah rangkaian yang berasal dari gempa Tsunami Donggala dan juga Palu di Sulawesi Tengah dan tersangka pun meminta kepada penduduk Bandung Utara dan Jakarta upaya mewaspadai dan mempersiapkan perbekalan supaya bisa mengantisipasi terjadinya gempa maha dahsyat tersebut.

Akibat ulahnya, tersangka ibu rumah tangga yang langsung membagikan melalui Facebook dan grup WhatsApp harus berurusan dengan pihak kepolisian dan dijerat dengan pasal 15 UU No 1 tahun 1946 terkait peraturan hukum pidana dan juga uu ite.

Dari pengakuan Irjen Lucky Hermawan selaku Kapolda Jawa Timur memberikan penjelasan apabila bukan hanya pihak kepolisian mengejar ibu rumah tangga asal Sidoarjo tersebut saja, namun dirinya berjanji akan memburu siapapun yang suka menyebar informasi hoax terkait bencana dan lainnya yang meresahkan masyarakat termasuk netizen, selanjutnya pihak kepolisian mengimbau supaya masyarakat tidak usah resah dan tidak terlalu percaya dengan akun yang suka menyebar hoax.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here