Setelah Gempa Bulukumba, Wajo dan Sinjai Alami Hal Serupa Masyarakat Harus Waspada

0
155
Gempa Bulukumba IG
Gempa Bulukumba IG

LEBIHCEPAT.COM – Setelah Gempa Bulukumba, Wajo dan Sinjai Alami Hal Serupa Masyarakat Harus Waspada Seperti diketahui apabila Indonesia saat ini sedang darurat gempa setelah terjadi di kota Palu beberapa hari yang lalu dan berakibat tsunami, ternyata ada beberapa kota yang saat ini mengalami hal serupa dan setelah terjadinya gempa Bulukumba dan juga Sinjai ternyata gempa pun pada hari ini Selasa 9 Oktober 2018 langsung mengguncang wajo dengan gempa berkekuatan 4,2 SR.

Gempa Bulukumba menjadi salah satu gempa yang terjadi pada hari ini yang harus diwaspadai oleh seluruh masyarakat di mana gempa ini langsung menyusul ke beberapa daerah lain seperti daerah Sinjai dan juga Wajo. Setelah masyarakat di Indonesia digemparkan dan juga berduka atas Kejadian gempa dan tsunami yang mengguncang Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah pada beberapa minggu yang lalu, sekarang ini masyarakat Sulawesi Selatan mulai ketakutan dengan terjadinya hal tersebut.

Waspada Gempa Bulukumba

Tidak bisa dipungkiri apabila kekhawatiran masyarakat yang ada di Sulawesi Selatan dikarenakan Gempa yang terjadi adalah sebuah dampak patahan yang mengakibatkan gempa di Sulawesi Tengah yang akan mengakibatkan juga terjadinya gempa di beberapa kabupaten atau kota di Sulawesi Selatan.

Hal ini terbukti apabila pada hari ini gempa bumi tektonik yang mempunyai kekuatan 4,2 skala Richter langsung mengguncang beberapa wilayah di Sulawesi Selatan diantaranya Kabupaten wajo selanjutnya sinjai dan Bulukumba. Walaupun gempa ini tidak berpotensi akan terjadinya tsunami, namun pihak BMKG langsung memberikan peringatan supaya masyarakat tetap Waspada.

Dari penjelasan badan meteorologi klimatologi dan geofisika wilayah makassar, apabila Gempa yang terjadi sekitar jam 09:03:55 Wita adalah gempa yang tidak berpotensi tsunami namun lumayan cukup terasa. Untuk masalah kedalaman gempa sendiri termasuk kedalam gempa bumi dangkal yang akibatnya beraktivitas sesar walanae di wilayah Wajo Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:  Info Gempa Situbondo Hari Ini: Daftar Korban Meninggal dan Luka di Sumenep

Dari laporan masyarakat memperlihatkan apabila dampak gempa bumi yang sudah terjadi pada hari ini, hanyalah goncangan yang dirasakan di beberapa wilayah Palopo, singkang, dan juga Siwa dalam skala intensitas yang tidak begitu besar.

Joharman selaku PLT BMKG wilayah IV Makassar memberikan penegasan apabila dari hasil koordinasi yang ia lakukan bersama tim akibat gempa yang terjadi tidak ada informasi satupun terkait kerusakan akibat gempa tersebut dimana gempa dangkal ini tidak berpotensi tsunami namun tetap harus diwaspadai oleh masyarakat.

Seperti diketahui sebelumnya apabila gempa bulukumba langsung membuat beberapa masyarakat heboh dan ketakutan setelah gempa terjadi pada hari Minggu 7 Oktober 2018 tersebut mengguncang beberapa daerah di Kabupaten Bulukumba. Walaupun begitu, pihak BMKG langsung memberikan penjelasan apabila Gempa yang terjadi dengan magnitudo 4,8 skala Richter tidak berpotensi tsunami dan masyarakat harus tenang namun Waspada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here